Wednesday, July 23, 2014

Fungsi Ekowisata Bahari

Secara ekonomi kegiatan wisata bahari memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara. Sektor pariwisata menurut beberapa perkiraan telah menjadi kegiatan usaha terbesar di dunia. Lebih lanjut dikatakan bahwa ekowisata menyumbangkan peran ekonomi secara mikro maupun makro. Secara mikro kegiatan ekowisata menghasilkan kajian produk-produk wisata, kemasan, kualitas dan kuantitas, pelaku dan harga. Sedangkan pada sisi makro, sektor ekowisata membahas tentang share ekonomi, pendapatan dan tenaga kerja, maupun keterkaitan ekonomi.

Disisi lain kegiatan ekowisata juga memberikan kontribusi terhadap kelestarian sumberdaya dan lingkungan. Konsep ekowisata juga dapat melindungi keanekaragaman hayati dan fungsi ekosistem, dan juga mendukung upaya konservasi keanekaragaman hayati (Bookbinder et al. 1998; Gossling et al. 1999; Dinerstein et al. 1998). Ekowisata bahari merupakan konsep wisata bahari yang ramah lingkungan, atau kegiatan wisata yang berorientasi pada kelestarian lingkungan untuk menjembatani kepentingan perlindungan sumberdaya alam dan industri kepariwisataan). Allcock et al. (1993) mendefinisikan ekowisata sebagai salah satu kegiatan wisata yang berbasis sumberdaya alam termasuk di dalamnya pendidikan dan pengelolaan berkelanjutan.

Kegiatan ekowisata menghargai potensi sumberdaya lokal dan mencegah terjadinya perubahan kepemilikan lahan, tatanan sosial dan budaya masyarakat karena masyarakat berperan sebagai pelaku dan penerima manfaat utama, disamping itu ekowisata juga mendukung upaya pengembangan ekonomi yang berkelanjutan karena memberikan kesempatan kerja dan menjadi salah satu sumber penghasilan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Ditinjau dari aspek konservasi, ekowisata bahari merupakan bagian dari kegiatan untuk melestarikan sumberdaya pesisir dan laut, karena pengembangan ekowisata didasarkan pada kerusakan ekosistem atau sumberdaya akibat kegiatan wisata atau kegiatan lain yang memberikan dampak negatif. Dengan mengkonservasi ekosistem yang rusak, maka akan mengembalikan fungsi ekosistem tersebut sebagai sistem penyangga kehidupan dan akan menghasilkan keuntungan ekonomi secara langsung dalam bentuk pemasukan dari pariwisata dan perikanan yang lebih produktif.

Ekowisata bahari merupakan salah satu bentuk pemanfaatan sumberdaya pesisir dan laut yang memperhatikan aspek keseimbangan antara pemanfaatan dan kelestarian sumberdaya yang menjadi obyek kegiatan wisata. Kegiatan wisata bahari dapat menimbulkan turunnya kualitas sumberdaya sehingga diperlukan upaya pengelolaan secara berkelanjutan. Ekowisata bahari merupakan fungsi dari pengembangan kegiatan wisata yang menjaga keseimbangan pemanfaatan dan kelestarian sumberdaya pesisir dan laut tetap terjaga.

No comments:

Post a Comment